PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PEMOGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

IRA KURNIAWATI, EKOHARIADI

Abstract


Pendidikan merupakan usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak yang bertujuan untuk pendewasaan anak atau membantu anak agar melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Surabaya merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Peneliti bertujuan untuk: (1) untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate yang valid, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Adobe Captivate. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Instrumen penelitian validasi menggunakan 5 validator dengan sesuai ahli bidang masing-masing. Validasi media menggunakan lembar validasi angket media untuk mengetahui media tersebut valid atau tidak. Validasi soal posttest menggunakan lembar validasi soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa: (1) validasi media pembelajaran berbantuan Adobe Captivate yang telah diteliti mendapatkan skor dari validator sebesar 87.11% yang termasuk dalam kategori sangat valid. (2) hasil belajar siswa yang telah diteliti dapat diketahui kelas kontrol (tidak menggunakan media pembelajaran Adobe Captivate) mendapatkan rata-rata 49.21 dan kelas eksperimen (menggunakan media pembelajaran Adobe Captivate) mendapatkan rata-rata 68.25. Bahwa dapat disimpulkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Adobe Captivate lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Adobe Captivate.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.