MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS PADA SISWA TUNARUNGU

Ajeng Wulandari Rahma, Endang Purbaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegunaan media video animasi dalam meningkatkan
pemahaman pendidikan seks pada siswa tunarungu. Anak tunarungu mengalami gangguan berbahasa dan
berbicara yang dapat menimbulkan permasalahan pada komunikasi mereka. Terjadinya kasus kekerasan dan
pelecehan seksual pada anak tunarungu diakibatkan oleh hambatan komunikasi yang menjadi faktor utama. Perlu
diberikan pembelajaran pendidikan seksual dengan tujuan untuk mencegah terjadinya perilaku negatif yang
dilakukan oleh diri mereka sendiri maupun orang lain. Pendidikan seksual yang perlu untuk anak tunarungu usia
sekolah dasar mencakup tentang perlindungan diri. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan
telaah pustakaan dari artikel dan buku yang relevan, kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif untuk menyelesaikan masalah. Hasil kajian diperoleh bahwa video animasi bersifat efektif
digunakan sebagai media pembelajaran dalam membantu penyampaian materi pendidikan seksual pada anak
tunarungu sebab dengan media video animasi dapat menarik perhatian dan meningkatkan minat belajar anak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.