TARI SOLAH MEDIUNAN KARYA KOREOGRAFI SUGENG HARIYATIN DI KOTA MADIUN

Adinda Bella Puspitaningrum, Bambang Sugito

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang koreografi Tari Solah Mediunan yang berasal dari Kota Madiun diciptakan pada tahun 2017. Budaya yang terdapat di daerah Kota Madiun telah mengalami perkembangan, dengan hadirnya sebuah karya tari yang terinspirasi dari pencak silat. Adanya hal tersebut menghadirkan sebuah bentuk tari yang unik dan sangat menarik untuk diteliti, sehingga terdapat rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana proses penyusunan karya Tari Solah Mediunan?, 2) Bagaimana bentuk karya Karya tari Solah Mediunan?.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif. Data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Tari Solah Mediunan merupakan tari kreasi baru yang bertemakan semangat. Tari ini termasuk jenis tari tunggal dan tipe tari dramatik. Proses penciptaan Sugeng Hariyatin pada karya tari ini melalui tiga tahapan yaitu rangsang awal, eksplorasi, dan evaluasi. Gerak silat yang dipilih telah melalui penghalusan pada proses penciptaan, sehingga menghadirkan bentuk tari yang sedemikian rupa. Tata rias yang digunakan bertujuan untuk memperkuat karakter penari, sehingga menggunakan tata rias lanangan. Tata busana pada tarian ini mengambil ciri khas pakaian yang biasa dikenakan pesilat yaitu celana panjang, baju lengan panjang, jarik, rompi, serta udeng.

Kata Kunci : Tari Solah Mediunan, Sugeng Hariyatin, Koreografi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.