Uji Coba Lapangan Utama dan Uji Coba Lapangan Operasional Paket Informasi Arah Peminatan Studi Lanjut Pada Siswa SMPN 34 Surabaya

MUCHAMMAD SYUHADA, ELISABETH CHRISTIANA

Abstract


Paket informasi arah peminatan studi lanjut adalah salah satu media cetak yang berisi sejumlah informasi mengenai program pendidikan lanjutan yang lebih tinggi dari pendidikan sebelumnya. Sedangkan peminatan berasal dari kata minat yang berarti keinginan yang cukup kuat berkembang pada diri individu yang terfokus pada terwujudkannya suatu kondisi dengan mempertimbangkan kemampuan dasar, bakat, minat, dan kecenderungan pribadi individu. Dalam dunia pendidikan, peminatan individu atau peserta didik pertama-tama terarah dan terfokus pada peminatan studi dan karir atau pekerjaan. Alasan peneliti menggunakan paket informasi arah peminatan studi lanjut adalah LKS yang menjadi pegangan siswa dan menjadi acuan guru BK di sekolah tidak terdapat informasi secara lengkap dan terperinci mengenai studi lanjut dan mengandalkan brosur-brosur terbatas yang hanya ada pada ruang BK. Guru BK juga merekomendasikan untuk menggunakan paket informasi arah peminatan studi lanjut dalam penelitian ini.

Pada penelitian ini sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa dari kelas IX-H sebagai kelas utama, kelas IX-D sebagai kelompok kontrol, kelas IX-E sebagai kelompok eksperimen di SMPN 34 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah menyempurnakan pengembangan paket informasi arah peminatan studi lanjut. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall mulai tahap ke enam sampai dengan produksi akhir. Pada tahap ke enam penelitian ini menggunakan desain penelitian pre experimental design dengan bentuk one group pre test post test. Pada tahap delapan penelitian ini menggunakan desain penelitian true experimental design dengan bentuk pre test-post test control group design. Dalam model ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket arah peminatan studi lanjut.

Dalam analisis data ini dilakukan dengan SPSS yang menggunakan teknik statistik parametrik yaitu pada tahap enam menggunakan uji paired sample t test dan pada tahap delapan menggunakan uji paired sample t test. Dari hasil analisis tersebut diperoleh hasil sebagai berikut : pre test dan post test kelas IX-H adalah 0,000 < 0,05, pre test dan post test kelas IX-E adalah 0,000 < 0,05, pre test dan post test kelas IX-D adalah 0,611 > 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa paket informasi arah peminatan studi lanjut efektif dalam membantu siswa memberikan informasi tentang arah peminatan studi lanjut.

Kata Kunci : Paket, Peminatan, Studi lanjut


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.