BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA

INDAH TRI LESTARI, ELISABETH CHRISTIANA

Abstract


Konsep diri yang rendah sering kali menjadi permasalahan yang utama dalam hal perkembangan siswa. Mereka cendenrung merasa rendah diri, pesimis, takut akan kritikan dan muncul rasa untuk menarik diri. Dalam kasus ini, konsep diri rendah menjadi faktor penyebab gagalnya prestasi akademik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini membahas tentang peningkatan konsep diri siswa.

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Surabaya dengan jumlah subjek tujuh siswa. Bertujuan untuk meningkatkan konsep diri siswa melalui bimbingan kelompok teknik homeroom yang dilakukan selama lima kali pertemuan. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan one group pretest post-test design. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan skor antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat peningkatan skor konsep diri pada siswa setelah diberikannya perlakuan bimbingan kelompok teknik homeroom. Dengan menggunakan uji Wilcoxon dapat diketahui nilai Z hitung sebesar 0.017 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) diketahui Z hitung> Z tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0.017 < 0.0071, selain itu nilai mean dari post test lebih besar dari pretest yaitu 121.4 < 146.1. Sehingga penggunaan bimbingan kelompok teknik homeroom ini dapat meningkatkan konsep diri siswa.

Dengan adanya penelitian ini, konselor maupun pihak sekolah dapat menggunakan teknik homeroom sebagai alternatif untuk meningkatkan konsep diri siswa. Untuk para pembaca diharapkan dapat menjadi acuan untuk penelitian terutama mengenai konsep diri dan teknik homeroom.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, Konsep diri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.