BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SURABAYA

VIVI RIZEKIA, ELISABETH CHRISTIANA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa dengan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas XI SMAN 3 Surabaya. Berdasarkan permasalahan yang diteliti tentang perencanaan karir siswa yang rendah disebabkan oleh siswa belum mengetahui kepribadiannya, bakat- minat, serta kurangnya pengetahuan tentang program studi lanjut dan jenis-jenis karir. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan one group pre-test and post-test design dengan menggunakan angket yang telah divalidasi sebagai alat pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas XI di SMAN 3 Surabaya yang memiliki skor perencanaan karir rendah. Hasil jumlah subjek pretest yaitu 627 dengan rata-rata 105 dikategorikan ke dalam kategori rendah dan hasil jumlah subjek posttest yaitu 808 dengan rata-rata 135 dikategorikan ke dalam kategori sedang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,028 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya ada perbedaan nilai antara pre-test dan post-test sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan perencanaan karir siswa.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Perencanaan Karir



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.