BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMPN 2 GEDANGAN

INTAN FATMALA, MOCHAMAD NURSALIM

Abstract


Perilaku bullying yang dilakukan siswa diakibatkan rendahnya pemahaman mereka tentang bullying serta dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis pre-eksperimental design dengan model pre-test dan post-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP yang mempunyai pemahaman perilaku bullying rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemahaman perilaku bullying. Metode analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan hasil sebelumdan sesudah perlakuan dimana Asymp. Sig lebih kecil dari 0,05 (0,028 < 0,05) sehingga Ho ditolak. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan pemahaman tentang perilaku bullying pada siswa kelas 8 SMP.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Pemahaman Perilaku Bullying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.