BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DENGAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS XI IPA MAN 2 GRESIK

ADINDA PUTRI NURMAWANDI, ELISABETH CHRISTIANA

Abstract


Berdasarkan hasil observai yang dilakukan terdapat kasus yaitu kurangnya komunikasi siswa dengan teman sebaya. Yaitu pada siswa kelas XI IPA memiliki komunikasi yang kurang dngan teman sebaya, kurangnya komunikasi dengan teman sebaya yang di maksud adalah kurang berkomunikasi dengan teman lain kelas, penyebab dari masalah ini adalah antara siswa satu kelas dengan kelas lainnya tidak seberapa saling mengenal jadi ada kecanggungan antar siswa untuk berkomunikasi, maka dari itu terjadi kurangnya komunikasi dengan siswa kelas lain. Dan dari hasil observasi yang dilakukan, siswa kelas XI IPA ini memiliki komunikasi yang baik dengan orang yang berusia lebih tua atau lebih muda dari meraka, contohnya siswa XI IPA memiliki sikap dan komunikasi yang baik terhadap guru, siswa kelas XII dan siswa kelas X.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji laynan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi dengan teman sebaya siswa kelas XI IPA MAN 2 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dngan metode eksperimen yang didesain dengan menggunakan one group pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dengan tingkat komunukasi dengan teman sebaya rendah. Metode pengumpulan data menggunakan angket komunikasi dengan teman sebaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan uji tanda atau wilcoxon test.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan sebanyak 0,008 antara pre test dan post test. Dapat disimpulkan bahwa 0,008 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama secara efektif meningkatkan komunikasi siswa dengan teman sebaya.

Kata kunci: Komunikasi teman sebaya, sosiodrama


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.