HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO SELAMA PANDEMI COVID-19

Nadila Nurafrianita Sulaiman, Budi Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan self-efficacy dengan kemandirian belajar pada siswa SMA Negeri 1 Puri Mojokerto pada saat pandemi COVID-19. Sampel penelitian pada penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dalam bentuk google form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan secara nyata pada variabel motivasi belajar dengan kemandirian beajar yang ditunjukkan dengan hasil korelasi rank spearman r hitung 0,503. Pada variabel self-efficacy dengan kemandirian belajar diperoleh nilai r hitung sebesar 0,541. Kedua nilai r hitung tersebut memiliki nilai lebih besar dari r tabel 0,279, sheingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara nyata antara motivasi belajar dan self-efficacy dengan kemandirian belajar.

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Self-Efficacy, Kemandirian Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.