ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MALAS BELAJAR DARING SAAT PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MENGANTI GRESIK

Findivia Egga Fahruni, Hadi Warsito

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai faktor-faktor penyebab perilaku malas belajar daring siswa kelas XII SMA Negeri 1 Menganti Gresik dan memberikan gambaran solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 6 siswa kelas XII yang malas belajar daring, 1 guru mata pelajaran, dan 1 guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 1 Menganti. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Menganti berperilaku malas belajar daring disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab perilaku malas belajar daring di antaranya yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, timbulnya rasa bosan, adanya kebiasaan siswa menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas, dan banyaknya beban tugas yang diterima oleh para siswa. Sedangkan faktor eksternal penyebab perilaku malas belajar daring yaitu terbatasnya fasilitas belajar berupa handphone yang kurang memadai dan sinyal jaringan internet yang kurang stabil serta ajakan teman sebaya yang kurang mendukung untuk belajar. Solusi yang dilakukan untuk mengentaskan masalah perilaku malas belajar daring siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Menganti yaitu memberikan motivasi dan konseling individual secara online, melakukan pemanggilan orang tua dan kunjungan rumah secara bergilir, serta melakukan pemantauan.

Kata Kunci: malas belajar, pembelajaran daring, COVID-19.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.