STUDI PUSTAKA PERAN SELF-REGULATED LEARNING DALAM MEMBANTU SISWA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19

Chandra Lovetta Putri Wibowo, Hadi Warsito Wiryosutomo

Abstract


Di awal tahun 2020 Indonesia dilanda pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), wabah ini membuat pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pemberlakuan PSBB juga memiliki dampak di bidang pendidikan. Dalam masa pandemi proses pembelajaran di Indonesia menjadi pembelajaran jarak jauh secara online yang menimbulkan beberapa kendala bagi siswa baik dari faktor eksternal maupun internal siswa, kendala dari faktor internal siswa berkaitan dengan kemampuan untuk mengatur dirinya pada bidang belajar atau yang kerap disebut Self-Regulated Learning. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Self-Regulated Learning dalam membantu siswa belajar di masa pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian diketahui bahwa Self-Regulated Learning memiliki peran pada kemampuan pemecahan masalah matematis, prokrastinasi akademik, flow akademik, kemandirian, prestasi akademik, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan untuk mengetahui dan mengatur cara belajar, serta Self-Regulated Learning memiliki peran untuk memoderatori pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci:  Self-Regulated Learning, Pembelajaran online, Pandemi COVID-19, Studi kepustakaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.