STUDI KEPUSTAKAAN EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK

Retno Ambar Palupi, Hadi Warsito Wiryosutomo

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan hambatan belajar bagi peserta didik, untuk mengatasi prokrastinasi akademik pada peserta didik dapat digunakan teknik self management, teknik ini dapat diterapkan oleh konselor dalam layanan BK yang akan diberikan kepada peserta didik. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengkaji efektivitas teknik self management dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik serta penerapannya dalam layanan BK. MetodeĀ  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Untuk menjaga ketepatan dan mengurangi kesalahan informasi pada proses pengakajian maka dilakukan pengecekan dan membaca ulang setiap pustaka yang digunakan, serta memperhatikan komentar dari pembimbing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self management efektif dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik, serta penerapan teknik self management dalam layanan BK dilakukan dengan prosedur yang matang dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, tergantung dari perkembangan peserta didik dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademiknya.

Kata Kunci: Self Management, Prokrastinasi Akademik, Studi Kepustakaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.