PELAKSANAAN LAYANAN KONSULTASI DI SMAN 1 WARU PADA MASA PANDEMI COVID-19 (MODEL EVALUASI KESENJANGAN)

Dinda Nur Damayanti, Bambang Dibyo Wiyono

Abstract


Penelitian evaluasi yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan layanan konsultasi dengan standar yang diadaptasi dari buku Guidelines For Perfomance Based Profesional School Counselor Evaluation (Missouri Department Of Elemantary And Secoundary Education) serta Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan. Model evaluasi kesenjangan merupakan evaluasi yang mendeskripsikan kesenjangan antara baku (standar yang sudah ditentukan) dalam layanan konsultasi dengan kinerja (performance) sesungguhnya dari layanan konsultasi di sekolah. Evaluasi ini dilaksakan di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK. Teknik pengumpulan data yang...digunakan...dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket untuk guru BK akan dibandingkan dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru BK, serta dari hasil studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa pelaksanaan layanan konsultasi menggunakan model evaluasi kesenjangan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Waru kurang sesuai dengan standar.

Kata Kunci: Evaluasi, Layanan Konsultasi, Model Evaluasi Kesenjangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.