STUDI EKSPLORASI KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING UNESA ANGKATAN 2017 MENGENAI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Self Regulated Learning dari mahasiswa Bimbingan Konseling Unesa angkatan 2017 mengenai pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Bimbingan konseling angkatan 2017 yang sedang menjalankan pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Fokus penelitian yakni pada kemampuan Self Regulated Learning dari mahasiswa yang dapat diketahui dengan memperhatikan beberapa aspek utama, yaitu pada aspek metakognitif, motivasional, perilaku belajar yang aktif serta perhatian dan tanggung jawab atas pelaksanaan pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, studi dokumentasi dan angket. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA angkatan 2017 memiliki kemampuan self regulated learning yang baik ketika melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Kemampuan self regulated learning dinyatakan baik berdasarkan hasil penelitian dari metode wawancara, studi dokumentasi dan angket. Dari kegiatan wawancara yang dicermati dari keterampilan metakognitif, motivasional, perilaku belajar aktif dan perhatian serta tanggung jawab, terlihat bahwa mayoritas mahasiswa telah mampu memiliki strategi tersendiri ketika sedang mengalami kendala-kendala pada saat pembelajaran daring, memiliki tujuan belajar dan motivasi dari dalam diri, memiliki perilaku belajar yang aktif untuk menunjang tercapainya tujuan belajar dan memiliki rasa tanggung jawab sebagai mahasiswa untuk menyelesaikan tugas serta mengikuti pembelajaran daring. Dari kartu hasil studi dari mahasiswa juga mendapatkan nilai yang masih stabil, bahkan ada yang mengalami kenaikan IPK serta angket yang telah diberikan kepada informan juga memperoleh hasil yang baik
Kata kunci : self regulated learning, pembelajaran daring, pandemi covid 19
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.