PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN TUGAS SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA REMAJA DI SIDOARJO

Meilda Hendri Hidayanti, Retno Tri Hariastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori self efficacy dan prokrastinasi akademik siswa serta melihat besarnya pengaruh self efficacy terhadap prokrastinasi akademik siswa dalam menyelesaikan tugas selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kuantitatif deskriptif dengan model regresi. Penelitian ini memanfaatkan teknik sampling insidental dimana sampelnya berjumlah 398 siswa. Instrumen pengambilan data berupa General Self Efficacy (GSE) dan prokrastinasi akademik yang disebar secara online menggunakan google form. Analisis data memanfaatkan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasilnya, self efficacy siswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan presentase 59%, sedangkan prokrastinasi akademik berada pada kategori sedang dengan presentase 48%. Selanjutnya analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa, nilai F hitung adalah 314,996 dengan taraf signifikan senilai 0,00 kurang dari 0,05 maka didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh variabel self efficacy terhadap prokrastinasi akademik. Berarti, self efficacy siswa yang semakin tinggi maka tingkat prokrastinasi akademik siswa tersebut akan semakin rendah. Kebalikannya, self efficacy siswa yang semakin rendah, maka tingkat prokrastinasi akademik siswa akan semakin tinggi.

Kata Kunci: Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.