STUDI TENTANG EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA SMA AL HUDA BOARDING SCHOOL TUBAN

ANIS FITRIANA, Denok Setiawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami efikasi diri akademik yang dimiliki siswa SMA Al Huda Boarding School serta peran yang dilakukan oleh guru BK dalam memberikan layanan terhadap efikasi diri akademik siswa dengan latar belakang Sekolah Boarding. Efikasi diri akademik adalah kepercayaan individu  mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan atau menyelesaikan tugas akademik untuk mencapai target-target akademik dan mengatasi tantangan akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan  mix method yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Data dalam penelitin kuantiatif didapatkan melalui angket, sedangkan untuk data dalam penelitian kualitatif diperoleh melalui wawancara kepada subjek penelitian dan informan pendukung. Analisis data yang digunakan menggunakan triangulasi, baik triangulasi sumber dan triangulasi teknik, populasi dalam penelitian sebanyak 30 siswa, 15 siswa kelas X dan 15 siswa kelas XI. Subjek penelitian diambil sebanyak 4 siswa dari dua kategori tingkat efikasi diri yaitu kategori tertinggi dan terendah dari populasi. Instrument pengumpulan data menggunakan angket, observasi,wawancara dan studi dokumentasi untuk menunjang data yang ada. Hasil dari penelitian yang diperoleh terkait tingkat efikasi diri siswa SMA Al Huda Boarding School Tuban menunjukkan untuk kategori tinggi (13%), kategori sedang (50%), dan kategori rendah (37%). Aspek efikasi diri yang dimiliki oleh subjek penelitian searah lurus dengan tingkat efikasi diri yang subjek penelitian miliki. Misalnya untuk siswa dengan kategori resiliensi tinggi aspek mengenai magnitude (tingkat kesulitan tugas), strength (kekuatan keyakinan), dan generality (generalitas) juga mengungkap hal yang positif, dan untuk siswa dengan kategori efikasi diri rendah mengungkap sebaliknya. Dan dalam memberikan bantuan terhadap siswa konselor melakukan konseling individu juga koordinasi dengan berbagai pihak sekolah untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa.

Kata Kunci: Sekolah Boarding, Efikasi Diri, Peran Guru BK.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.