PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL TOPIK GAYA BELAJAR UNTUK LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMAN 1 BALONGPANGGANG

Lubna Dhiya’ul Irbah Carino, Bambang Dibyo Wiyono

Abstract


Siswa memerlukan pemahaman mengenai gaya belajar demi tercapainya hasil belajar yang optimal dan terarah, sehingga siswa dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media audio-visual topik gaya belajar yang memenui kriteria akseptabilitas. Pengembangan video topik gaya belajar merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan Research & Development yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Prosedur pengembangan yang diterapkan peneliti adalah 1) penelitian pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji akseptabilitas, 5) uji lapangan, 6) revisi produk. Jenis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji akseptabilitas untuk calon pengguna siswa menunjukkan 90,77% dimana persentase ini telah menunjukkan kategori sangat baik, tidak perlu revisi. Untuk hasil ahli materi, media, dan calong pengguna guru BK menunjukkan hasil 1 yang menurut Lawshe termasuk kategori sangat sesuai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio-visual topik gaya belajar telah memenuhi syarat akseptabilitas yang mencankup kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

Kata kunci : pengembangan, media audio-visual, gaya belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.