KEEFEKTIFAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONFORMITAS SISWA

Irine Diva Savira, Titin Indah Pratiwi

Abstract


Konformitas merupakan salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa di sekolah, terutama siswa di usia remaja. Hal ini dikarenakan siswa lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman sebayanya, yang menjadikan siswa mengubah perilakunya agar sesuai dengan kelompok untuk mendapatkan pengakuan. Untuk mengurangi perilaku konformitas, siswa dapat meningkatkan perilaku asertif menggunakan teknik latihan asertif dengan bantuan dari Guru Bimbingan dan Konseling sebagai solusi dari masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu, mengkaji literatur mengenai keefektifan teknik latihan asertif untuk mengurangi perilaku konformitas siswa. Metode penelitian ini yaitu metode studi kepustakaan dengan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, dan teknik analisis isi sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini yaitu terbentuknya artikel ilmiah mengenai keefektifan teknik latihan asertif sebagai upaya untuk mengurangi perilaku konformitas siswa yang merujuk dari 15 artikel nasional dan internasional, yaitu: 1) Bentuk perilaku konformitas yang cenderung ditunjukkan oleh siswa yaitu membolos, mengikuti pendapat teman ketika proses pembelajaran, dan lain-lain; 2) Teknik latihan asertif merupakan terapi yang efektif untuk mengurangi perilaku konformitas siswa; 3) Ruang lingkup dan sasaran teknik latihan asertif adalah siswa sekolah menengah dengan perilaku konformitas yang tinggi; 4) Rekomendasi yang diberikan pada setiap artikel merupakan saran yang membangun bagi guru Bimbingan dan Konseling. Rekomendasi dari penelitian ini bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan lebih mempersiapkan literatur dan lebih teliti dalam menganalisis, serta dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan rujukan. 

Kata Kunci: Konformitas, Teknik Latihan Asertif, Keefektifan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.