PENYELENGGARAAN PROGRAM CAREER DAYS DI SMA NEGERI KABUPATEN SIDOARJO

Darma Sakawati, Retno Tri Hariastuti

Abstract


Bimbingan karier adalah suatu proses bantuan, layanan serta pendekatan terhadap individu agar dapat mengenal dan memahami dirinya sendiri, mengenal dunia kerja, merencanakan masa depan yang sesuai dengan bentuk rencana kehidupan yang diharapkannya. Layanan bimbingan karier  dapat dilaksanakan salah satunya adalah hari karier atau career days. Pada hari tersebut semua kegiatan bimbingan karier dilaksanakan berdasarkan program bimbingan karier yang telah ditetapkan oleh sekolah untuk tiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penyelenggaraan program career days di SMA  Negeri Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Subjek pada penelitian ini yaitu 450 peserta didik kelas XII dari 9 SMA Negeri (SMAN 1 Sidoarjo, SMAN 3 Sidoarjo, SMAN 4 Sidoarjo, SMAN 1 Gedangan, SMAN 1 Taman, SMAN 1 Wonoayu, SMAN 1 Krian, SMAN 1 Krembung dan SMAN 1 Tarik) yang ada di Kabupaten Sidoarjo dan 9 Guru Bimbingan dan Konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Hasil dari penelitian ini adalah pada angket penyelenggaraan career days untuk Guru BK sebanyak 89%  Guru BK melaksanakan asesmen kebutuhan, kegiatan yang diselenggarakan mendapat dukungan dari kepala dan komite sekolah, kegiatan career days sesuai dengan visi misi sekolah dan 67% Guru BK membuat proposal kegiatan career days. 44% bentuk kegiatan career days yang paling banyak diminati adalah expo campus diikuti oleh perguruan tinggi negeri dan swasta. 78%  peserta yang mengikuti kegiatan career days adalah siswa kelas XII Ipa, Ips dan Bahasa. 100% berpartisipasi aktif dan dapat memenuhi rasa keingintahuan siswa tentang dunia karier. Hambatan-hambatan yang terjadi pasa saat career days bisa diatasi oleh Guru BK dengan strategi dari masing-masing Guru BK. Sebanyak 78% Guru Bk melaksanakan evaluasi pelaksanaan career days. Kemudian hasil angket penyelenggaraan career days peserta didik menghasilkan 54% siswa memahami dengan baik tujuan diselenggarakan kegiatan career days (Expo campus, kunjungan kampus, informasi perguruan tinggi dan pekerjaan), 50% siswa paham dengan baik  tujuan dan manfaat diselenggarakannya career days. 49% siswa merasa senang dan antusias untuk mengikuti kegiatan career days yang diadakan oleh sekolah. 53% siswa berpendapat bahwa kegiatan yang diselenggarakan sangat menarik dan 42% cukup berpartisipasi aktif dalam kegiatan (bertanya dan berdiskusi). Sebanyak 45% siswa memperoleh informasi dengan baik dalam kegiatan career days. 49% siswa mendapatkan pengetahuan baru dan informasi dengan baik apa yang disampaikan dalam kegiatan career days. 53% siswa menyadari pentingnya sebuah informasi karier untuk menunjang cita-citanya di masa depan dengan sangat baik, 49% merangkum dengan baik peluang-peluang jenis pekerjaan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan jurusan ketika di SMA. Kemudian 57% siswa mampu merencanakan kerier dengan baik setelah mengikuti kegiatan career days. 54% siswa berpendapat bahwa kegiatan career days ini mampu membuat siswa memiliki pandangan dengan baik terhadap pemilihan kariernya setelah lulus sekolah. 51% siswa mulai mencari tahu bakat dan minat yang ada pada dirinya dengan baik untuk dikembangkan dan 54% sudah mampu mengambil keputusan karier dengan baik setelah mendapatkan informasi seputar studi lanjuta maupun dunia pekerjaan yang sesuai dengan potensi yang telah dimiliki.

Kata Kunci: bimbingan karier, career days, sekolah menengah atas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.