STUDI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI JOMBANG SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui gambaran tentang kemandirian belajar siswa SMA Negeri di Jombang selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan angket berupa kuisioner untuk proses pengambilan datanya. Hasil dari penelitian ini diperoleh melalui teknik analisis statistik deskriptif dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel dalam proses perhitungan datanya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMAN se-Kabupaten Jombang yang terdiri berasal dari 12 sekolah dengan total sampel yang diperoleh sejumlah 546 siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kemandirian belajar siswa SMAN di Jombang selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 berada dalam kategori sedang, yang berarti kemampuan mandiri belajar siswa sudahlah baik.
Kata Kunci: Kemandirian belajar, pembelajaran daring, dan pandemi COVID-19Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.