EVALUASI MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) UNTUK LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL SECARA DARING DI SMA NEGERI 1 BALONGPANGGANG

Nur May Dwiyanti, Bambang Dibyo Wiyono

Abstract


Pembelajaran daring di masa pandemi merupakan suatu hal yang baru bagi Sebagian pendidik maupun peserta didik sehingga dalam pelaksanaanya masih banyak kendala. Oleh karena itu, konselor dalam pemberian layanan perlu adanya evaluasi untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara eksternal layanan bimbingan klasikal secara daring di SMA Negeri 1 Balongpanggang ditinjau dari aspek konteks, input, proses, dan produk dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil evaluasi pada komponen context, process, product masih belum sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sedangkan pada komponen input cukup sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Simpulan dari penelitian ini bahwa evaluasi layanan bimbingan klasikal secara daring di SMA Negeri 1 Balongpanggang dengan model evaluasi CIPP masih belum sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Evaluasi, Model CIPP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.