HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI PEMBELAJARAN DARING DENGAN BURNOUT PADA SISWA SMA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG MASA PANDEMI COVID-19

Raudya Tuzzahra Maghfirani, Retno Tri Hariastuti

Abstract


Selama pandemi Covid-19, sekolah mengharuskan siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran online atau daring. Ketidaksiapan dan ketidakmampuan mengikuti pembelajaran daring berdampak munculnya berbagai masalah. Penelitian korelasional ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu hubungan antara pembelajaran daring dengan burnout. Pengumpulan data memanfaatkan kuesioner (angket) di google form dikarenakan kondisi pandemi saat ini yang memaksakan work from home. Sampel penelitian ini melibatkan total 326 siswa dari 11 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang ada di Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (sig <0,05), maka dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara variable penyesuaian diri pembelajaran daring (X)  dengan burnout (Y). Selain itu, diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,179. Artinya penyesuaian diri pembelajaran daring terhadap burnout pada siswa SMA di Kabupaten Tulungagung ialah sebesar 17,9%.   Artinya kontribusi penyesuaian diri pembelajaran daring terhadap burnout pada siswa SMA di Kabupaten Tulungagung ialah sebesar 17,9%.

Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Pembelajaran Daring, Burnout

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.