DAMPAK SISTEM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 PADA MINAT BELAJAR DAN KONDISI PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK DI SMAN KABUPATEN SIDOARJO

Ilham Shaffa Amrulloh, Eko Darminto

Abstract


Pada masa pandemi seperti ini banyak hal yang dibatasi hingga dari membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang yang berkerumun hingga pembelajaran secara langsung diganti dengan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring memiliki kelebihan namun juga masih mengalami berbagai kekurangan yang cukup banyak dan berdampak negatif bagi peserta didik khususnya pada minat belajar dan kondisi psikologis peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana minat belajar dan kondisi psikologis peserta didik saat mereka melakukan pembelajaran secara daring, untuk memperoleh data yang sesuai digunakan metode penelititan kausal komparatif dan alat ukur instrumen minat belajar dan instrumen DASS 42 untuk mendapatkan data minat belajar dan kondisi psikologis peserta didik, teknik pengambilan sample adalah dengan Cluster Random Sampling dengan kabupaten sebagai populasinya. Penelitian ini menggunakan interpretasi dengan menggunakan rumus uji t dan penjelasan secara deskriptif. Dari skor perolehan kuesioner yang diberikan kepada peserta didik di sekolah hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa minat belajar peserta didik saat pembelajaran secara daring mendapati penurunan secara signifikan, begitu juga dengan kondisi psikologis peserta didik berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui skor kuesioner bahwa kondisi psikologis peserta didik mendapati perubahan secara signifikan saat pembelajaran secara daring, perubahan ini ditemukan karena terdapat perbedaan presentase peserta didik yang mengalami penurunan pada setiap indikator, karena penurunan  ini didapatkan kesimpulan perubahan signifikan.

Kata Kunci : daring, minat belajar, kondisi psikologis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.