EFEKTIFITAS PENDEKATAN KONSELING REALITA DALAM MENGUBAH KONSEP DIRI NEGATIF SISWA BROKEN HOME
Abstract
Keluarga merupakan tempat pertama bagi anak dalam melakukan interaksi yang paling kuat, sehingga konsep diri yang terbentuk pada seseorang merupakan hasil dari interaksi pertama bersama keluarga. Konsep diri merupakan hasil pembentukan lingkungan dan hasil belajar dari hubungan satu individu dengan individu lain. Namun ada kalanya keluarga harus berhadapan dengan perpecahan yang berujung pada perceraian atau biasa disebut dengan broken home. Kondisi tersebut dapatĀ berpengaruh pada konsep diri anak yang membuat anak akan memiliki perilaku menyimpang sebagai bentuk pelampiasannya. Konsep diri negatif tersebut harus diubah menjadi positif salah satunya dengan pendekatan konseling realita. Konseling realita berperan menolong individu menghadapi realitas serta dapat memenuhi kebutuhan dasarnya tanpa merugikan orang lain ataupun dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur mengenai efektifitas pendekatan konseling realita dalam mengubah konsep diri negatif siswa broken home. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya artikel ilmiah terkait efektifitas pendekatan konseling realita dalam mengubah konsep diri negatif siswa broken home yang merujuk dari 14 artikel nasional dan internasional yakni, 1) Keberhasilan pendekatan konseling realita untuk mengubah konsep diri negatif siswa broken home. 2) Ruang lingkup dan sasaran penerapan pendekatan konseling realita untuk mengubah konsep diri negatif siswa broken home. 3) Saran atau rekomendasi penerapan pendekatan konseling realita untuk mengubah konsep diri negatif siswa broken home. Rekomendasi yang diberikan pada setiap artikel merupakan saran yang membangun bagi guru BK untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi oleh individu berkaitan dengan topik penelitian dan bagi penelaah berikutnya hendaknya sanggup membuat studi ini serupa materi rujukan.
Kata Kunci : Konsep Diri Negatif Siswa Broken Home, Konseling Realita, Studi PustakaFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.