KECEMASAN AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

Anisah Rosdiana Sari, Evi Winingsih

Abstract


Masalah yang kerapkali dialami oleh siswa di sekolah pada masa pandemi Covid-19 adalah berlakunya sistem pembelajaran daring, banyaknya tugas yang diberikan oleh guru di sekolah yang harus dituntut serba bisa secara mandiri, hal ini dapat meningkatkan kecemasan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan akademik dan gambaran kecemasan kecemasan akademik siswa jenjang SMA di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan kuesioner berupa link google form yang disebar secara online. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto memiliki kecemasan akademik sedang dengan persentase sebesar 48% di kelas 10, 50% di kelas 11, dan sebesar 47% di kelas 12, kesimpulan hasil penelitian kecemasan akademik siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto di masa pandemi Covid-19 dapat diketahui sebanyak 48% siswa memiliki kecemasan akademik sedang dengan karakteristik, indikasi, dan gejala yang bervariasi pada setiap jenjang.

 

Kata kunci: Kecemasan akademik, Pembelajaran daring, Covid-19


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.