Dampak Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kondisi Psikologis dan Fisik Siswa

Fernanda Choirun Nisa’ Sudarman, Eko Darminto

Abstract


Adanya virus Covid-19 berdampak pada kegiatan belajar mengajar siswa. Berbagai sektor kegiatan di Indonesia diberhentikan semesnara terutama sektor Pendidikan. Selama pandemi, kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan daring atau bisa disebut istilah pembelajaran jarak jauh. Keadaan ini membawa perbedaan tatanan pendidikan dan berpengaruh terhadap Kesehatan psikologis maupun fisik siswa. Tak kala lain yaitu siswa merasa cepat bosan, cemas, khawatir dengan adanya pembelajaran ini. Selain itu, perubahan fisik yang dialami juga ada seperti mereka terlalu sering menatap layer monitor sehingga merasa kelelahan pada mata dan juga tidak adanya aktivitas yang membuat mereka harus berdiam diri di rumah dan tidak terkontrol pola hidup sehatnya. Oleh sebab itu, penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait berbagai permasalahan dan dampak terhadap pembelajaran jarak jauh selama masa pandemic. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengn kajian studi literatur. Data pengambilan dilakukan dengan wawancara yang menggunakan link google form dengan responden 37 siswa yang berada di SMA AL ISLAM Krian.

Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah banyaknya permasalahan selama adanya pembelajaran jarak jauh seperti siswa merasa cepat bosan, khawatir, jenuh dan cemas sehingga juga berdampak buruk pada kesehatan mental anak jika dibiarkan. Selain itu mereka juga mengalami perubahan fisik seperti banyaknya siswa yang mengeluh karena kelelahan pada mata dan juga pola hidup yang tidak teratur akibat waspada akan bahaya virus sehingga mengharuskan mereka dirumah saja selama masa pandemic.

 

Kata Kunci: pembelajaran jarak jauh, covid-19, psikologis dan fisik siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.