Studi Tentang Pengelolaan Emosi Siswa Serta Peran Konselor Di Masa Learning From Home Pada Siswa SMA Kelas X SMAN 4 Luwu Utara

Muh Alfiansyah, Denok Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengelolaan emosi siswa serta peran konselor pada masa learning from home siswa kelas X SMAN 4 Luwu Utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan subjek siswa kelas X yang kini tengah menjalani proses belajar dari rumah atau learning from home. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur menggunakan pedoman wawancara, sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mendukung hasil penelitian. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa seluruh subjek penelitian tidak memiliki permasalahan emosional yang berarti meskipun melaksanakan proses pembelajaran dari rumah dengan segala keterbatasannya. Dari penelitian turut ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi pengelolaan emosi siswa selama masa belajar dari rumah berasal dari dalam diri maupun luar diri siswa. Konselor mengambil peran untuk membantu siswa mengembangkan potensi siswa secara daring termasuk di dalamnya adalah kemampuan pengelolaan emosi yang baik melalui media komunikasi daring.

Kata Kunci : daring, pengelolaan emosi, peran konselor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.