BIMBINGAN KLASIKAL KETERAMPILAN MIND MAPPING BAGI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Suci Antika Sari, Budi Purwoko

Abstract


Belajar membuat seseorang dapat meraih pendidikan setinggi-tingginya, dimana pendidikan sendiri merupakan pintu dari suatu bangsa yang maju. Dunia pendidikan pun akan terus mengikuti perkembangan sesuai dengan perubahan waktu dan zaman. Adanya teknologi yang semakin canggih ini dapat menjadikan dunia pendidikan ke arah yang semakin baik, karena teknologi membuat kemampuan anak menjadi semakin berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dari bimbingan klasikal dengan metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research), dengan mengumpulkan data melalui artikel, jurnal dan dokumen yang terkait untuk dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya layanan bimbingan klasikal keterampilan mind mapping memiliki banyak manfaat dalam membantu mengembangkan kreativitas dan keterampilan siswa hingga mengatasi permasalahan belajar yang dialami siswa, sehingga membuat siswa lebih antusias dan termotivasi untuk belajar.

 

Kata Kunci: Bimbingan Klasikal, Mind Mapping, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.