PENERAPAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENARIK DIRI (WITHDRAWL) PADA SISWA

FITRI INDAH PRATIWI

Abstract


Latar belakang penelitian ini dimulai dari wawancara kepada guru BK yang menyatakan bahwa ada 6 siswa yang  mengalami gejala menarik diri seperti cenderung pasif dan pendiam dalam proses belajar mengajar di kelas, menunjukkan ekspresi sedih, lebih senang menyendiri daripada berkumpul dengan temannya yang lain, kurang mampu berkomunikasi, sering menunduk, mempunyai sedikit teman, dan sulit untuk bergaul. Akibatnya prestasinya  menurun.


Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok rasional emotif perilaku untuk menurunkan perilaku menarik diri di kelas XI-APK 2 dan XI-APK 3 SMK Pawiyatan Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test and post-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas XI SMK Pawiyatan Surabaya dengan rincian 4 siswa dari kelas XI-APK 2 dan 4 siswa dari kelas XI-APK 3 yang teridentifikasi memiliki skor menarik diri tinggi.


Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku menarik diri, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda (Sign-test). Setelah diadakan analisis data dengan uji tanda, N=8 dan X=0 maka dapat diketahui  ρtabel = 0,004 dari tabel binomial. Jika dalam ketetapan α  sebesar 5% adalah 0,05, maka harga 0,004 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.Artinya setelah diberi layanan konseling kelompok rasional emotif perilaku, siswa yang sebelumnya mempunyai skor menarik diri yang tinggi kini skornya menjadi sedang.Berarti siswa telah mengalami penurunan skor.Jadi hipotesis penelitian “penerapan konseling kelompok rasional emotif perilaku dapat menurunkan perilaku menarik diri (withdrawl) pada siswa” dapat diterima.


 


Kata Kunci:Konseling kelompok, Konseling rasional emotif perilaku, Menarik diri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.